kenapa gw gak bisa login lewat SSH yak?

Udah lama juga gw gak update ini blog. Sebanrnya sih pengen ngupdate terus, tapi sekarang agak susah buat nyari waktunya karena udah kerja..hehe (*gak niat aja kaleeee). Tapi whatever lah gak masalah, yg penting gw bisa mendokumentasikan apa yg pernah gw alami di Blog ini. Ntah itu isinya masih cupu ato gimana yg penting gw ada perbaikan lah..hehe..

Oke, gw sekarang lg belajar freeBSD dikit2 masih cupu jg sih gw berselancar dengan ini OS. Buktinya pas gw udah install ini OS terus gw coba buat di remote dikompi lain gw gak bisa..hiks..hiks.. :(( (cupu banget yah gw…). gini nih ceritanya

Di kompi client (pk vista) gw remote tuh OS login pake user  root :

Ternyata gw gagal login lewat SSH, padahal gw dah ngisin password dengan benar. Gw liat di kompi FreeBSD nya ada tuliasan ini :

[hendra@hendra]$ May 26 22:02:15 hendra sshd[1353]: error: PAM: authentication error for root from 192.168.1.82

jujur aja sih gw jg gak ngerti ni error kenapa. tp yang pusti MUNGKIN neh ye FreeBSD gak mau nerima klo login root lewat SSH ato ada temen2 yg tau kenapa ini bisa terjadi ??

sekarang pertanyaannya gimana dong bisa mengkases freeBSD lewat SSH ?

semua akses kedalam sistem dilewatkan via account dan semua proses dijalankan oleh user. So, user dan account management terintegrasi penting dalam FreeBSD. setiap account dalam freeBSD berisi informasi mengenai identitas dari accunt tersebut.

ada tiga tipe user dalam FreeBSD yaitu : super user, system user dan account user. Super user atau biasa disebut dengan root digunakan untuk mengatur sistem dan mempunyai hak aksess yang tak terbatas (unlimited).  Sedangkan system user menjalankan service. dan terakhir account user digunakan oleh real user (orang yg mengakses sistem). So, gw nyoba-nyoba buat user baru dengan biar bisa access itu sistem dengan perintah, tentunya login dl sebagai super user (root) :
oke tadi habis buat account baru biar user real dapat mengakses ni sistem lewat SSH. kita coba login ya lewat SSH
<table><tr><td><pre>hendra#adduser <<enter>enter>
Username: test <<enter>enter>
Full name : test doang <<enter>enter>
Uid (Leave empty for default) : <enter<enter>>
Login group [test] : <enter<enter>>
Login group is test. invite test into other groups? []: <enter<enter>>
login class [default]: <<enter>enter>
Shell (sh csh tcsh zsh rzsh ksh bash rbash nologi) [sh] : bash
Home directory [/home/test]:<<enter>enter>
Use password-based authentication? [yes] : <<enter>enter>
Use an empty password? (yes/no) [no] : <enter<enter>>
Use a random password ? (yes/no) [no] : <enter<enter>>
Enter password : *****
Enter password again : *****
Lock out the account after creation? [no]: <enter<enter>>
OK? (yes/no) : yes</pre></td></tr></table>

Akhirnya gw bisa login juga lewat ssh.  Jadi pada intinya qt gak bisa login sebagai root jika lewat SSH MUNGKIN.. karena gw jg kurang tau.. lom gw explore lebih dalam jg sih. Oke lah ya dah ngantuk.. segitu aja dl.. hoayyyy

Leave a Reply

