Integrasi Security pada Sistem Perangkat Lunak

Dulu gw sama temen2 pernah ngadain seminar di kampus. Gak tau kenapa kok gw pas itu pengen banget liat forum hacking and deface di forum students dikampus gw. Biasalah di forum itu setiap user memperlihatkan hasil kerjanya dengan ngedeface atau ngeHack website orang dengan seenaknya. Kenapa gw bilang seenaknya karena menurut gw, Hacker yang benar-benar sudah ahlipun tau Etikanya klo ngeHack situs orang. Pas di akhir page ada orang yang nunjukin kerjanya, pas gw liat dan gw amati hasilnya kok dia NgeHack situs dengan nampilin Acara seminar gw itu dengan biaya gratis tanpa dipungut bayaran. Terus gw langsung aja tanyain ke panitia dan mereka bilang kagak pernah nyimpan informasi di situs apapun. Gw baru nyadar ternyata situs itu telah kena Hack dan Gw jadi Korbannya…. Hiks..Hiks..

Kadang para pengembang perangkat lunak terlalu fokus pada fungsionalitas dari sistem yang dibuat, sementara untuk hal keamanan sistem sering diabaikan dan menganggap hal itu tidak terlalu penting untuk diperhatikan. Namun setelah terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti terjadi hacking atau apalah yang menyebabkan sistem rusak, baru keamanan menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan padahal mengubah suatu sistem yang udah ada (udah pernah dibuat) membutuhkan biaya yang banyak dan waktu yang lama.

Gw searching-searching di google bagaimana caranya membuat suatu sistem yang lumayan secure (karena susah banget bwt sistem yang benar2 secure) , gw dapatin website Security Pattern, security pattern ini merupakan sebuah pattern (pola) bagaimana mengintegrasikan aspek keamanan dengan sistem agar didapatkan sebuah program yang reusable sehinggga memudahkan pengembang perangkat lunak dalam memaintenance perangkat lunak.

One thought on “Integrasi Security pada Sistem Perangkat Lunak

  1. waks… ndra kapan disidangkan ?!?!

Leave a Reply

